Kamis, 05 Juli 2012

Scientology dari Agil Abd Batati


http://unik.kompasiana.com/2012/07/05/konflik-selebriti-penganut-agama-church-of-scientology-tom-cruise-vs-katie-holmes/

Ragile (agil)

Jadikan Teman | Kirim Pesan
*Tidak penting SIAPA yg menulis, yg penting APA yg ditulis*Jadilah cahaya kebenaran walaupun kelap-kelip*... Lahir 1960. Senang baca, nulis, humor, diskusi, catur, bola, badminton, film, musik, makan enak, bicara blak2an, cinta orang jujur&berilmu. Pernah di Fak Sastra & Bahasa Inggris. Punya alias Engkong Ragile dan Kopral Kenthir. Nama asli: Agil, Facebook: Agil Abd Batati, Alamat: Jakarta/Tegal* Silakan kirim link saya sambut baik lho*

Konflik Selebriti Penganut Agama Church of Scientology: Tom Cruise Vs Katie Holmes

HL | 05 July 2012 | 00:15 Dibaca: 2506   Komentar: 56   13 dari 22 Kompasianer menilai aktual
Church of Scientology
Church of Scientology (doc:tmz.com)
Kedengarannya aneh koq selebriti Hollywood cerai akibat beda agama. Kali ini nyata. Agama Gereja Saintologi kembali digugat keberadaannya sebagai penyebab kehancuran. Kembali digugat melalui Tom Cruise (49), kali ini terkait gugatan cerai oleh Katie Holmes (33). Sang istri mengatakan bahwa tujuan utama minta cerai adalah sudah tidak tahan dengan Saintologi. Dan demi menjauhkan anaknya, Suri, agar tidak menjadi penganut agama Gereja Saintologi (Church of Scientology). Dua selebriti Hollywood itu pun nampaknya sudah patah arang akibat gencatan agama.
Hollywood gempar sejak 28 Juni 2012 ketika Katie Holmes menggugat cerai Tom Cruise.
Bukan gempar karena kasus kawin-cerai ala artis, tapi gempar karena embel-embel gangguan “agama saintologi”. Bukan rahasi lagi Tom Cruise dan John Travolta, sebagai contoh, adalah dua  produk unggulan saintologi. Sebuah agama ciptaan novelis fiksi-ilmiah Ron L Hubbard sejak 1952. Namun banyak pemuka Kristen gemas soalnya meskipun mencomot nama gereja dan lambang salib tapi sama sekali tidak terkait iman Jesus dan kitab Injil.
Daya tarik saintologi menurut penganutnya adalah kemampuannya menjadikan manusia lahir kembali; menjadi individu baru yang unggul dan berjaya di dunia selebriti. Hubbard menegaskan bahwa saintologi sangat cocok buat selebriti yang ingin merdeka jiwanya dari ajaran apapun. Saintologi mengisi jiwa dengan metode ilmu pasti dan teknologi. Untuk itu harus ikut kursus dan bayar mahal. Minimal $500.
Tom Cruise, Katie Holmes, Suri (dok:mirror.co.uk)
Tom Cruise, Katie Holmes, Suri (dok:mirror.co.uk)
Namun sayang-disayang, sebagai tokoh papan atas saintologi Tom Cruise gagal menyelamatkan rumah tangga. Padahal  pernikahan dengan Katie Holmes adalah rumah tangga yang ketiga kalinya. Nikah sejak 2006 dan dikarunia satu anak terpaksa bergelut  menyelesaikan proses cerai. Konon tidak mudah karena  terikat perjanjian perjanjian pra nikah. Lebih tidak mudah karena rebutan anak perempuan usia 6 tahun yaitu Suri. Menurut beberapa sumber anak usia 6 tahun adalah awal pengenalan menjadi penganut saintologi. Namun sang ibu tidak rela anak ikut agama ayah yang dinilainya berbahaya.
Sebagai penganut katolik, Katie Holmes merasakan prilaku ganjil pada diri suami.
Konon suami sangat kolot membuatnya mati kutu sebagai artis. Bukan hanya itu, organisasi saintologi digambarkan seketat militer dalam mengawasi umatnya. Dalam hal ini bukan tidak mungkin bahwa Katie tidak menemukan wujud tuhan pada saintologi sebagaimana tuhan yang dikenal oleh agama pada umumnya. Di negeri Barat sudah lumrah dikatakan bahwa saintologi adalah “cult” atau kultus individu menyembah benda, bukan menyembah tuhan.
Adalah tidak mudah memahai konsep ketuhanan atau spiritualitas saintologi yang didirikan oleh Ron L Hubbard, bukan hanya tanpa nabi dan tanpa kitab suci, juga tanpa tuhan yang maha esa. Ditambah lagi kesan misterius di mana seakan hanya merekrut para selebriti/artis dan hebatnya luar biasa kaya organisasai saintologi. Orang luar hanya mampu menduga bahwa kekayaan saintologi semata dari iuran anggota dalam jumlah besar dan ajeg. Kebetulan Hubbard mengakui bahwa agama saintologi sangat cocok buat kaum selebriti.
Dapat dibanyangkan betapa kayanya saintologi bila benar bahwa anggotanya meliputi 15 juta di seluruh dunia. Organisasi saintologi sama saja mewujud ATM raksasa yang diisi terus simpanan uangnya oleh 15 juta orang kaya yang menjadi penganut secara diam-diam. Sejauh ini kebanyakan penganut saintologi tutup mulut tentang keimanannya.
Namun uang bukan segalanya. Katie Holmes,  merasa dirinya perempuan mandiri dan mampu meraih banyak uang sebagai artis, bertekad lari dari ikatan saintologi. Yang berarti cerai dengan suami dan menuntuk hak asuh anak secara tunggal di Pengadilan New York, di mana mereka tinggal dalam 2 tahun terakhir.
Sayangnya  Tom Cruise bukan orang sembarangan. Dia adalah aktor termahal di Hollywood, harta melimpah, berkuasa di saintologi, dan mampu membayar berapapun untuk memenuhi hasratnya. Belum termasuk dukungan member church of scientology yang konon amat fanatik dan militan bak militer betulan.
Beruntung bahwa angin dukungan publik berhembus kencang mengayomi Katie Holmes. Setidaknya pada pekan pertama ini media dan publik pada umumnya berada di belakang sang istri. Tapi tidak ada jaminan nasib ke depan. Kekuatan finansial saintologi dan kaum selebriti di belakang saintologi bisa jadi membalikkan keadaan.
Belajar dari perceraian Tom Cruise dengan istri terdahulu yaitu Nicole Kidman, Katie akan all out berjuang agar Suri dalam asuhannya. Dia tidak ingin senasib dengan Nicole yang kehilangan hak asuh dua anaknya, Isabella dan Connor, yang jatuh ke tangan Tom dan menjadi penganut saintologi. Untuk itu dia mengajukan gugat cerai di Pengadilan New York yang mengijinkan hak asuk sendiri. Sedangkankan Tom menjawabnya melalui Pengadilan California yang memungkinkan hak asuk bareng-bareng agar Suri tidak lepas. Tom bertekad membawa Suri ke dalam saintologi.
Di media masa juru bicara saintologi biasanya dikutip begini, “Anyone can come into a Scientology church and train on workable solutions for anything from how to repair a broken relationship, how to communicate with others, how to build happy relationships, handling of drug problems, raising children, how to organise and be more efficient at work and many others.”
Katie merasakan gelagat perjuangan amat berat. Belum apa-apa dia dikuntit oleh dua mobil dan sepeda motor yang bergantian memantau gerak-geriknya di Apartemen New York, sejak mengumumkan gugat cerai. Namun berita yang dilansir TMZ.com dibantah oleh Gary Sote mewakili saintologi bahwa mereka tidak mengirim laskar pengintai. Sejauh ini pihak Katie melalui juru bicara Jonathan Wolfe mengatakan bahwa ini masalah pribadi keluarga, khususnya demi masa depan Suri. Begitu pula juru bicara Tom juga menghendaki agar privasi mereka dihormati oleh media masa. Tentu mereka lebih suka bicara tentang film Top Gun atau Mission Impossible yang dibintangi Tom Cruise. Atau film Dawson’s Creek yang dibintangi Katie Holmes.
Bagaimana menurut pembela Scientology…?
Kolumnis Haley Rose menulis ulasan singkat, sebut saja komentar . Dengan cerdiknya menjelaskan duduk perkara Scientology, di situs Salon.com dengan judul “Tom Cruise and Katie Holmes split, Is Scientology to blame?” Di sini dia berhasil mendudukan misteri scientology dalam bahasa yang mudah dicerna. Bahwa Ron L Hubbard mulanya membangun Church of Scientology sejak 1952 bukan untuk menjadi agama/gereja. Bahwa Hubbard membangun teori Dianetik untuk membersihkan jiwa manusia dari pengalaman buruk dan luka hati. Bahwa hasil dari audit dianektika menghasilkan individu yang “clear” atau bersih. Dan bahwa hanya individu yang bersih yang mampu mengendalikan jiwa dan bertindak rasional. Hidup Sukses di depan mata.
Kemudian Haley Rose menjelaskan bahwa dianetik kurang berhasil. Kemudian Hubbard membangun teori baru yaitu Sains Bertahan Hidup. Hubbard meyakini bahwa dalam diri manusia terdapat jiwa thetan, semacam titisan zat tuhan. Namun perlu dibersihkan melalui audit dan pelatihan berbayar oleh staf Saintologi. Hasil akhirnya adalah jiwa yang telah “Clear Thetan Clear”. Prosesnya melalui 8 tingkatan. Siapapun yang telah lulus dijamin meraih pencapaian menakjubkan.
Kemudian karena kursus pelatihan memakan banyak biaya kemudian Saintologi membentuk diri menjadi agama guna menyambut sumbangan keuangan abadi dari anggota.
Haley Rose bukan asal bicara, dia nampak memahami seluk beluk saintologi. Di akhir ulasan dia   mengutip pernyataan Hubbard pada konvensi para penulis di tahun 1948 yang berbunyi, “Bila orang hendak mencetak uang jutaan dollar, jalan terbaik mestinya dimulai dengan agamanya sendiri.” Tanpa penjelasan lebih lanjut apakah agama yang dimaksud adalah agama ciptaan sendiri. Dengan ulasannya, komentarnya itu, Haley Rose menolak adanya kaitan antara perceraian Tom Cruise - Katie Holmes dengan Saintologi. Dia hanya mengkririk kenapa koq orang mau-maunya kasih sumbangan besar kepada saintologi.
Namun beda kata komentator beda pula kata pelaku. Katie Holmes kekeh bahwa gugatan cerainya akibat tidak tahan saintologi dan hendak menjauhkan Suri, anaknya, agar tidak menjadi penganut Saintologi. Gaung pun bersambut. Raja media dunia, Rupert Murdoch, bahkan menempelkan cap “jahat” kepada jidat agama saintologi. Ini dia isyarat dukungan penuh kepada Katie Holmes. Ini dia bukan sembarang dukungan. Yang bicara adalah pemilik ratusan media masa berpengaruh di Amerika dan Eropa. Bahkan sering disebut-sebut sebagai pengatur terpilihnya anggota parlemen dan senator serta pemimpin negara.
Akhirnya…..

Apapun yang terjadi di kemudian hari, kasus gugat cerai pasangan “TomKat” ini sungguh aneh tapi nyata. Sungguh Aneh, Selebriti Amerika cerai gara-gara agama. Sungguh Menarik untuk dicermati kelanjutnya. Dan sungguh menarik untuk mencari jawaban: Benarkah cerai demi menyelamatkan agama anak, ataukah sekedar mendayagunakan sentimen agama untuk merebut dukungan publik? Maklum, namanya juga artis yang bicara!
:::
:::
:::
*) sumber rujukan:
mirror.co.uk: Tom Cruise and Katie Holmes split
xenu.net: Frequent Questions About Church of Scientology
Eonline.com: Church of Scientology: No Truth to report we’re tailing Katie Holmes
tellegraph.co.uk: Tom Cruise and Katie Holmes to divorce
Dailymail.co.uk: Just the two of us: Suri tenderly strokes her mother’s cheek…
Dailymail.co.uk: Rupert Murdoch brands Scientology “creepy evil”

Radaronline.com: Tom Cruise will never let Suri away from Scientology
*) Terkait:

Kompasiana.com: Inilah Agama Selebriti Top: Church of Scientology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar